Cara mendapat Band 9 dalam IELTS / TOEFL READING tanpa les!

Banyak yang berpendapat bahwa band 9 di IELTS  - setara dengan nilai tertinggi 30 point di TOEFL IBt dan nilai 67 di TOEFL PBT - bagi non-native sangatlah tidak mungkin. Hal ini wajar, melihat Band 9.0 adalah angka tertinggi mentok di IELTS. Jika dilihat dari kriteria, band 9 juga terdengar sangat advance.

Band 9: Expert User: Has fully operational command of the language: appropriate, accurate, and fluent with complete understanding. 

Awalnya saya pun merasakan hal yang sama, tidak pernah terlintas dalam pikiran saya bahwa saya akan mendapat band 9.0. Namun, ternyata opini tersebut jumat lalu berhasil dibuktikan salah dengan nilai 9.0 pada reading IELTS saya. Hal tersebutlah yang membuat saya memutuskan untuk menuliskan artikel ini. Dengan harapan, banyak kawan-kawan saya, sesama pejuang IELTS/ TOEFL, mendapatkan manfaat dari metode yang saya gunakan. 

Nah, ini dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan skill reading kamu bahkan tanpa les dan dengan cara mudah. 

1. Mulai membaca bahasa inggris dari medium yang  kamu sukai secara konsisten


Untuk yang satu ini, saya harus banyak terima kasih kepada Ayah saya, yang telah membantu saya menyukai membaca sedari kecil. Hal ini membantu saya menyukai novel dan berbagai jenis buku lainya. Awal saya membaca dalam bahasa inggris dimulai dengan terbukanya akses saya terhadap internet dan membuat saya menemukan situs fanfiction.net di tahun 2008. 

a. Fanfiction.net

Pada tahun 2008, pengetahuan bahasa inggris saya sangat minim. Ketika saya membaca novel bahasa inggris yang mudahpun saya akan kebingungan. Nilai bahasa inggris di sekolah pas-pasan. Beruntungnya saya menemukan situs fanfiction.net yang mana merupakan situs para fans (fans film/komik/novel/band) membuat fiksi/ cerita mereka sendiri mengenai idola mereka. Oleh karena cerita ini dibuat oleh para fans di seluruh dunia, sehingga ada banyak bahasa yang tersedia baik indonesia ataupun inggris.

Pada awalnya saya membaca hanya yang bahasa indonesia, namun karena terbatasnya cerita bahasa indonesia sayapun memberanikan diri untuk pindah ke cerita bahasa inggris. Bahasa inggris di fanfiction.net sangatlah mudah karena yang menulisnya adalah anak-anak/ remaja juga bahkan banyak yang bukan native. Sehingga membantu saya menyesuaikan diri dari membaca Bahasa inggris dengan mudah. Sekarang ini,  banyak website sejenis fanfiction.net yang menawarkan situs sejenis- seperti wattpad-  dimana kita dapat melatih kemampuan membaca kita dengan membaca novel yang kita sukai.

Nampaknya ini yang membuat metode ini berhasil karena dengan membaca novel yang kita suka, maka kita tidak akan seperti belajar. Sehingga, membaca kitapun menjadi konstant dan tidak akan lelah ataupun terbebani. Bahkan hingga kuliah, saya masih membaca dan bahkan mulai menulis di fanfiction.net. Terdapat perbedaan jauh dalam skor bahasa inggris saya sebelum fanfiction.net dan sesudah. Saya jadi terbiasa membaca bahasa inggris tanpa mengetahui arti setiap kata. Namun,  saya dapat memprediksi maknanya dari konteks bacaan. Hal inilah yang menjadi penolong utama di TOEFL/IELTS - saat ada soal synonym dari kata yang saya tidak pernah tau. Saya menjadi belajar melihat konteks kalimat dalam bacaan.

Nilai vocabulary (perbendaharaan) kata saya juga jauh meningkat dari SMA ke Kuliah, padahal tidak ikut les bahasa inggris. Bahkan Bahasa Inggris menjadi salah satu mata pelajaran yang saya cukup andalkan di ujian masuk kuliah. Pada akhirnya saya diterima di UI 2011 lalu. Saat itu nilai TOEFL saya masih 500-an.

b.Buku versi EPUB

Berawal dari eksplorasi banyaknya cerita-cerita dari fanfiction.net yang di block karena akan diterbitkan menjadi novel (hard and soft copy) berbayar, saya menjadi mulai mendalami buku-buku berbayar dalam bahasa inggris. Namun, saat itu saya masih mahasiswa tahun ke-2 (2013), tidak punya uang bahkan untuk membeli e-book (buku elektronik yang bisa diakses di HP ataupun PC). Hal itu lah yang membuat saya menemukan beberapa situs yang menawarkan buku gratis yang sebenarnya berbayar (dengan cara illegal download). Dari situ tersebut, saya menemukan bahwa dibandingkan berbentuk pdf, bentuk epub lebih nyaman untuk dibaca karena bisa dibentuk seperti membaca buku.

Karena website tersebutlah, saya bisa mendapatkan ribuan bahkan puluh-ribuan buku bahasa inggris berbayar secara gratis. Hal ini, yang menyebabkan bahasa inggris saya kembali naik tingkat dibandingkan masih menggunakan fanfiction.net. Saat menggunakan fanfiction.net, tidak ada editor untuk membetulkan grammar ataupun typo yang ditulis oleh author. Berbeda dengan novel resmi yang dijual. Selain itu, novel yang berbayar karena dijual memiliki nilai "artsy" yang lebih tinggi, sehingga perbendaharaan katanya jauh lebih sulit dibanding fanfiction. Dari sinilah, saya mempelajari perbendaharaan kata yang uncommon, difficult dan bahkan banyak yang tidak tau. Hal ini berpengaruh hingga ke cara saya berbicara dan menulis dalam bahasa inggris. Kata-kata saya menjadi lebih berbumbu karena vocabulary yang lebih rich. Pada tahun itu, nilai TOEFL saya meningkat menjadi 554.

Terdapat beberapa webiste yang bisa menjadi referensi epub gratis seperti vk.com, epubdump.com, ebook.bike.com, dan masih banyak yang lainya. Kemampuan kalian untuk surfing di internet akan ditantang dalam mencari buku berbayar dan mendownloadnya secara gratis dalam internet. Jangan lupa, biasanya perlu aplikasi epub reader yang perlu di download, basicly, just like pdf-reader app. I would recomend UB though or Media 365.

b. Pilih bahasa inggris sebagai media bacamu dalam segala bentuk (koran/majalah/artikel internet)

Sebagai contohnya saat saya ingin membaca koran maka saya akan membeli Jakarta Post, bukan karena saya suka sudut pandangnya, tetapi membaca koran dalam bahasa inggris jauh lebih sulit daripada novel. So, it's always challenging to read in new medium. Beberapa vocabulary "academis" yang muncul di IELTS/TOEFL akan banyak ditemui di koran bahasa inggris. Bahkan, dengan membaca koran bahasa inggris, sama saja dengan mengerjakan soal IELTS READING. Man, it's not that easy sebagai anak yang tidak di les-in di bimbel atau punya pengalaman ngobrol bahasa inggris untuk baca english academic. But sure, if you want to take TOEFL/IELTS, reading newspaper in english is a must to have. One thing to remmber, read it for fun! Baca koran karena kepo dan pensasaran sama kontenya jadi otak kamu akan menangkap sinyal happy and make it easier for you to learn. 

Hobby lainya adalah untuk surfing internet selalu tanya mbah google dalam bahasa inggris. Kenapa? Supaya artikel dalam bahasa inggris yang keluar. Dengan begitu, kamu akan terbiasa baca berbagai informasi dalam bahasa inggris. Berbagai macam genre bacaan baik serius ataupun just for fun. whatever it is : search in english :) 

c. Tantang dirimu dan usahakan pilih buku pelajaran dalam bahasa inggris 

Saya masih ingat waktu pertama kali kuliah, sempat shock banget saat tahu semua mata pelajaran bukunya dalam bahasa inggris. Bahkan banyak teman saya yang rela keliling cari versi bahasa indonesianya dari buku pelajaran itu. Well, i'm lucky dengan memilih untuk baca versi inggrisnya. Susah sih, tertatih-tatih tapi percaya deh itu akan ningkatin skill reading academic kamu. Dibanding beli versi indonesia, kamu akan jadi manja dan forever miss the opportunities of understanding academic english. Tapi, emang sih waktu awal susahnya kebangetan, saya sempet nga ngerti ini buku ngomongin apa. But believe it or not, years after i graduated ketika baca buku jaman kuliah lagi,"kok gampang ya? nga kaya jaman kuliah dulu perasaan." my english skill was grown gradually well because of that. Pada saat ini skill bahasa inggris saya di IELTS 7.5 overall dengan reading 9.0 DI TOEFL PBT sejajar dengan 625-an kurang lebih. 

Dari 500 ke 550 hingga 625 over the year without ay course at all. Thanks to fanfiction.net, website illegal, and my father that flourished my love of reading. 

Basicly, skill reading itu bukan sesuatu yang kamu bisa grow overnight. It needs time and most of it love of reading. Jadi, mulai dari sesuatu yang kamu suka, kalau bisa hilangkan pikiran saya mau belajar bahasa inggris dengan begitu karena jadi hobby bakal jadi konsisten. Ini tips yang bisa kubagikan dan ku jamin tanpa les pun IELTS reading kamu bisa perfect 9.0 nilai full point untuk TOEFL READING kamu!





Komentar

Postingan Populer